middle ad

Apa Itu Dan Fungsi Kerja Resistor Adalah


Hasil gambar untuk resistor


Resistor adalah salah satu peralatan dasar elektronik yang paling sering dipakai selain transistor dan transformator / travo. Resistor ini di buat dari bebagai bahan bisa menggunakan kawat email khusus ataupun yang sering digunakan adalah karbon yang memiliki besaran serta nilai hambatan tertentu .

Hasil gambar untuk resistor

Bentuk dari resistor ini bermacam macam yang pada umumnya berbentuk panjang dengan memiliki dua buah kutup. Pada bagian luarnya terdapat garis garis berwarna warni yang menyatakan besaran bilangan hambatan didalamnya.


Cara Kerja Resistor.
Cara kerja dari resistor ini cukup simple yakni menghambat arus yang mengalir dari ujung kutub yang satu ke ujug kutub yang lain dengan nilai hambatan bervariasi sesuai yang tertera pada resistor tersebut yang kemudian arus dialirkan lagi ke komponen elektronika yang membutuhkan arus lebih kecil sehingga komponen elektronika ini dapat terpelihara keawetannya. Selain sebagai pembatas arus resistor memiliki fungsi lain diantaranya adalah pembagi arus,penurun arus,dan pembagi tegangan.



TABEL CARA MENGHITUNG NILAI GELANG PADA RESISTOR 

Hasil gambar untuk cara menghitung resistor

Hitung Nilai Resistor Dengan 4 Gelang Warna Diatas:

Gelang ke-1 berwarna coklat = 1 
Gelang ke-2 berwarna jingga/orange = 3 
Gelang ke-3 berwarna biru = 6 atau 106 atau 1 Megaohm 
Gelang ke-4 berwarna emas = ± 5%



Similar Videos